Sistem pemanas air tenaga surya ini menggunakan panel surya yang disebut dengan kolektor. Komponen tersebut dipasang di atap rumah atau bangunan yang harus bisa menerima sinar matahari secara langsung. Komponen tersebut fungsinya untuk mengumpulkan panas matahari dan kemudian digunakan untuk memanaskan air.

Baca: Pemanas Air Terbaik dijual di sini.

Ketika proses pemanasan air ini dilakukan di sebuah komponen yang disebut dengan tabung yang juga berfungsi untuk menyimpan stok air panas yang kemudian akan dialirkan menuju instalasi pipa air panas.

Sinar matahari merupakan energi yang relatif aman dan bisa didapatkan secara gratis dalam jangka batas. Meski di Indonesia kadang timbul musim hujan, namun pemanas air tenaga surya ini bisa menyimpan kebutuhan air panas untuk jangka waktu berikutnya. Tentunya harus dibantu dengan pemanas air cadangan  yang menggunakan energi listrik.

Mekanisme pada Unit Pemanas Air Tenaga Surya
Pada unit pemanas air tenaga surya ini, terdiri dari tabung penyimpan air panas yang cara kerjanya seperti termos untuk menyimpan air panas. 

Pada panel kolektor itu merupakan tempat memanaskan air yang isinya ada plate absorber dan di bagian tersebut berfungsi seperti kompor beserta rangkaian pipa penghubung untuk mengalirkan air panas dari panel kolektor ke storage tank.

Di pipa air dingin yang menuju storage tank akan mengalirkan ke panel kolektor dan kemudian akan terjadi sirkulasi. Panas di dalam storage tank itu bersuhu sekitar 60 derajat C. 

Karena dorongan air dingin, maka air akan disuplai menuju saluran keluar atau kran. Dengan suhu yang sangat panas ini, maka penggunaannya harus dicampur dengan air dingin supaya mendapatkan suhu yang aman.

Perawatan Pemanas Air Tenaga Surya
Supaya mendapatkan kinerja yang maksimal dan awet tahan lama, maka tentu harus dilakukan perawatan rutin pada alat pemanas air tenaga surya. 

Salah satu cara  perawatan rutinnya adalah seperti berikut ini.

Dilakukan pemeriksaan berkala antara 1-2 bulan
Hal ini untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik pada unit pemanas air tenaga surya tersebut. Bersihkan semua debu yang menumpuk di unitnya. Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap aliran pipa antara kolektor dan tangki penyimpanan.

Ingin membeli pemanas air tenaga surya terbaik? Yuk ke sini.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
Axact

Travelaxx.com

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: