Header Ads

Berapa Lama Kucing Hidup? Inilah Cara Membuat Usia Kucing Lebih Panjang


Kucing dapat bertahan hidup lebih lama dengan pemberian nutrisi, perawatan dokter hewan termasuk vaksin dan agen terapeutik. Masa hidup kucing bisa lebih dari 15 tahun, bahkan sebagian di atas 20 tahun. Harapan hidupnya bergantung pada banyak hal, termasuk satu faktor dalam ruangan atau di luar ruangan.

Kucing dalam ruangan atau rumahan umumnya hidup antara usia 12-18 tahun, paling lama mungkin hidup di usia awal 20-an. Menurut penelitian, usia kucing tertua 28 tahun. Sedangkan kucing luar biasanya hidup lebih pendek karena memungkinkan terlibat dalam trauma seperti kecelakaan kendaraan bermotor atau serangan anjing.

Kucing luar juga lebih rentan terhadap beberapa virus yang mengancam kehidupannya seperti Feline Immunodeficiency Virus (FIV) dan Feline Leukemia yang disebarkan karena perkelahian atau kontak dengan kucing yang terinfeksi. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu kucing kesayanganmu hidup bahagia dan menambah masa hidup kucing. Berikut caranya!

Perhatikan kucing kamu
Sangat penting memperhatikan semua tentang kucing kamu. Beri kucing perhatian selayak kamu memperhatikan keluargamu. Kamu dapat melakukan pemeriksaan fisik mingguan sendiri atau bulanan dengan membawanya ke dokter. Perhatikan perubahan asupan air, nafsu makan, pola pernapasan, kualitas bulu, gumpalan dan benjolan, batuk, kemampuan fisik dan kebiasaan-kebiasaannya.

Vaksinasi rutin
Selain, pemeriksaan rutin ke dokter hewan, kamu juga harus memberinya vaksinasi rutin. Tanyakan pada dokter tentang vaksinasi ini. Vaksin bisa membuatnya terhindar dari penyakit dengan menambah kekebalan tubuhnya.

Berikan makanan yang tepat
Kamu bisa memberikannya makanan sesuai anjuran dokter atau makanan yang biasa dia makan. Usahakan agar berat badannya ideal, jaga dietnya karena kucing obesitas itu buruk.

Fisik kucing tua
Sistem kekebalan kucing yang lebih tua kurang mampu menangkis penyakit. Karena kulitnya lebih tipis dan kurang elastis dibandingkan kucing muda. Faktor tersebut dapat mengurangi sirkulasi darah dan lebih rentan terhadap infeksi. Kucing tua biasanya sudah bisa merawat diri sendiri lebih efektif daripada kucing muda. Kuku kucing tua cepat tumbuh, tebal dan rapuh dan harus dipotong lebih sering.


Jika kucing sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan, konsultasilah lebih sering ke dokter. Bicarakan tentang solusi-solusi gangguan kesehatan yang dialami kucing kesayangan kamu juga. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, kamu bisa membuat usia kucing lebih lama.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.